Fitur Shared Vram Otomatis Di Ryzen™ Apu Menghadirkan Kemudahan Saat Bermain Game

Sebelum mengulas lebih jauh, mari kita sedikit mengupas apa itu VRAM yang ada pada sebuah komputer.

Bạn đang xem: Fitur shared vram otomatis di ryzen™ apu menghadirkan kemudahan saat bermain game

Komputer baik PC Desktop ataupun laptop memiliki komponen pengolah grafis (GPU) yang digunakan untuk kegiatan gaming, multimedia dan pekerjaan harian yang membutuhkan sebuah RAM khusus yakni Video Memory (VRAM). Sesuai namanya, memori ini menyimpan data sementara untuk video buffer/frame buffer yang biasa ada pada video games dan aplikasi grafis lainnya.

VRAM yang ada pada Ryzen™ APU Mobile dibagi menjadi 2 bagian:

VRAM Dedicated (APU) : Dikarenakan Ryzen™ APU Mobile dan Ryzen™ APU desktop memiliki kartu grafis Radeon™ Vega yang tidak terdapat VRAM fisik, maka VRAM menggunakan RAM bawaan yang tersedia pada laptop/PC Desktop pengguna. Sebagai contoh, Anda memiliki RAM bawaan 8GB, maka dari 8GB tersebut akan digunakan / dipinjam sebagian (minimal 256 MB hingga 2GB) oleh kartu grafis Radeon™ Vega untuk menjalankan fungsinya. VRAM Dedicated ini akan digunakan sebagai VRAM minimal yang selalu akan dibutuhkan dan tidak bisa diganggu gugat alokasinya.VRAM Shared : Secara otomatis saat pertama kali Anda meng-install driver AMD Radeon™ Software, maka sistem operasi akan membuat “booking tempat” dari RAM bawaan yang dipakai hanya saat dibutuhkan saja. Bedanya dengan VRAM Dedicated, VRAM shared yang diambil juga dari RAM bawaan ini tidak selalu dibutuhkan dan bisa dikurangi atau ditambah sesuai banyak tidaknya aplikasi yang dijalankan pengguna.

Xem thêm: Cách Tải Game Ngôi Sao Thời Trang Trên Máy Tính Đơn Giản Nhất

VRAM Dedicated Kecil, Tidak Jadi Masalah Dengan Adanya Fitur VRAM Shared Otomatis
*

Contoh BIOS yang Tidak Terdapat Opsi Ubah Ukuran VRAM Dedicated

Selain itu, pengguna juga menanyakan cara untuk menambah VRAM Dedicated tersebut. Sebagian vendor memang menghadirkan opsi untuk mengubah VRAM Dedicated agar lebih besar, namun sebagian juga tidak.

*

Untuk pengujian, kami mengutip artikel Review Ryzen™ APU yang dilakukan oleh Hexatekno yang mencoba menggunakan VRAM 256MB sebagai referensi utama dan membandingkan dengan kapasitas VRAM dedicated lainnya.

*

Deteksi VRAM di Aplikasi GPU-Z

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat VRAM dedicated akan habis maka aplikasi/games akan menggunakan VRAM Shared secara otomatis. Anda bisa lihat pada tampilan GPU-Z diatas, Memory Usage untuk VRAM Shared (Dynamic) aktif digunakan secara otomatis, mengingat VRAM dedicated 256MB sudah terpakai penuh.

*

Pengguna tidak perlu mencemaskan VRAM yang memiliki ukuran terbatas, karena fitur VRAM Shared secara otomatis akan menyesuaikan kebutuhan memori dari game dan aplikasi yang Anda mainkan.

Sumber:

http://hexatekno.com/2018/02/raven-ridge-scaling-frekuensi-alokasi-memori/3/

https://www.sutamatamasu.com/penjelasan-fitur-shared-vram-otomatis-di-ryzen-apu/